Matur suwun sampun mamper dateng web kawulo , mugi wonten faedahhipun

Senin, 21 Maret 2011

Pengertian Pamor Keris

Pamor adalah roh yang benar dari Keris. Pekerjaan pengelasan pola menunjukkan keterampilan Empu tetapi juga mencirikan kekuatan pisau.

Kata Pamor berarti dalam bahasa Melayu, campuran paduan, dan bahkan pola Pamor diperoleh pengelasan besi tempa bersama dan nikel, dan kemudian asam etsa itu. Kekuatan mistik dari Keris dikatakan berasal dari asal langit karena penggunaan besi meteorit. Namun, diragukan bahwa banyak Keris pisau benar-benar terbuat dari besi meteorit. Jatuhnya hanya sebuah meteorit di Jawa tercatat pada pertengahan abad 18, dekat Prambanan. Karena hampir tidak ada simpanan besi bumi di Jawa, yang paling mungkin sebagian besar pisau dibuat terlebih dahulu dari besi impor. Sulawesi dikatakan telah diekspor besi yang berisi persentase rendah nikel, jenis logam ini disebut Pamor Luwu, dari bagian Timur Sulawesi Tengah. Sementara menggunakan besi nickelous, pandai besi Jawa menemukan mereka bisa mengendalikan desain pola tertentu dengan etsa pisau dan menciptakan kontras antara gelap besi dan nikel cerah.

Meteor Prambanan itu dikatakan mengandung nikel 9,4%, yang membuatnya sangat menarik untuk pandai besi, namun kelangkaan dibatasi penggunaannya untuk bilah kualitas terbaik bagi pemilik kaya.

Kehadiran kolonial membawa, pada akhir abad 19 sumber lain nikel murah dari besi tua: frame sepeda, baling-baling kapal, alat-alat ... Bagian-bagian logam industri terkandung sampai 5 nikel% dan memberikan pamor kontras yang sangat tinggi dengan nikel cerah. Baru-baru ini nikel murni telah digunakan, sehingga baru-baru ini menunjukkan pisau ditempa nikel mengkilap yang sangat seragam.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa sebagian besar Sumatera, Semenanjung atau pisau Moro di besi biasa, sedangkan bilah sebagian besar Jawa, Bali dan Sulawesi berada di pamor: pulau-pulau ini kemudian memiliki akses lebih mudah untuk bijih Luwu.




Pamor dapat dibagi:
Menurut teknik tempa:


mlumah pamor, laminasi adalah sejajar dengan permukaan datar dari pisau, itu adalah jenis yang paling umum


pamor miring, laminasi sejajar ke sudut ke permukaan datar dari pisau, jenis ini jauh lebih rumit

Menurut desain pamor, apakah sang empu dikendalikan (rekan) atau tidak menguasai (tiban) desain pamor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar